Pada bulan Mei, Rakuten dan Global Mediacom mencapai kesepakatan untuk mendirikan perusahaan joint venture yang membangun pusat perbelanjaan online No.1 di Indonesia. Perusahaan Joint Venture ini pada awalnya akan membangun pusat perbelanjaan online yang menawarkan barang buatan dalam negeri kepada pelanggan Indonesia yang dibuat oleh pedagang lokal.
Dalam jangka waktu menengah ke jangka panjang, joint venture ini akan membangun platform transaksi e-commerce secara global dengan bekerja sama secara erat dengan Rakuten Ichiba Jepang, Rakuten Ichiba Taiwan, TARAD.com Thailand, serta mal belanja internet di China yang akan segera diluncurkan oleh Baidu, Inc bersama-sama dengan Rakuten serta dengan Buy.com, Inc., Amerika Serikat, dan PriceMinister S.A di Perancis yang diakuisisi oleh Rakuten pada bulan Juli.
Seiring pertumbuhan media sosial yang sangat pesat, kita tidak bisa mengabaikan penggunaan sosial media. Karena itu Rakuten Indonesia, menggunakan sosial media sebagai salah satu sarana mendekatkan diri dengan pelanggannya. Untuk Facebook, Rakuten hadir di alamat berikut http://www.facebook.com/RakutenID, sedangkan twitter, bisa di follow akun Twitter Rakuten, yaitu @RakutenID.
Indonesia merupakan populasi keempat terbesar (240 juta) di dunia dan populasi pengguna internet terbesar di ASEAN (33 juta) dengan pertumbuhan potensi yang luar biasa dalam bisnis e-commerce. Rakuten dan Global bertujuan Mediacom untuk membangun pusat perbelanjaan No.1 di Indonesia melalui Joint Venture dengan menggabungkan kemampuan pemasaran Global Mediacom yang tak tertandingi dan teknologi e-commerce Rakuten dan keahlian konsultasinya yang sudah dibudidayakan selama 13 tahun terakhir sebagai pusat perbelanjaan online terbesar di Jepang.
Latar Belakang PT Global Mediacom Tbk
Global Mediacom adalah grup media yang terbesar dan satu-satunya yang terintegrasi di Indonesia dengan operasional yang meliputi media berbasis konten dan iklan, media berbasis pelanggan dan media pendukung dan infrastruktur.
Media berbasis konten dan iklan dioperasikan melalui PT Media Nusantara Citra Tbk. ("MNC"). Operasional MNC meliputi produksi content, distribusi content, jaringan stasiun televisi nasional dan lokal, produksi saluran acara televisi 24 jam, koran, tabloid, majalah, jaringan radio, media online, jasa layanan nilai tambah, agen periklanan dan manajemen artis. MNC memiliki content library terbesar di Indonesia yang mencapai lebih dari 100.000 jam content hiburan dan berita yang meningkat lebih dari 10.000 jam setiap tahun.
Media berbasis pelanggan dioperasikan oleh PT MNC Sky Vision yang merupakan operator pay-TV terbesar di Indonesia melalui 2 merek yang masing-masing memimpin pasar yaitu Indovision dan Top TV. Mediacom memiliki anak perusahaan lainnya yang memiliki ijin pay-TV tersendiri dengan nama Nusantara Vision dengan merek OkeVision.
Media pendukung dan infrastruktur dioperasikan oleh PT Infokom Elektrindo yang menyediakan menara penyiaran, sistem transmisi dan sebagai gateway SMS untuk Group Mediacom.
Latar Belakang Rakuten
Rakuten mempunyai sekitar 64 juta anggota di Jepang, yang teregistrasi dan penjualan di tahun 2009 senilai USD3,2 miliar. Bisnis inti “Pasar Rakuten”, adalah perusahaan perbelanjaan internet terbesar di Jepang yang menawarkan Kurang lebih 70 juta produk oleh lebih dari 35 ribu pedagang, dimana sebagian pedagang mempunyai perndapatan lebih dari USD1 juta per bulan. Selain pusat perbelanjaan online, Rakuten, yang memiliki lebih dari 10.000 karyawan, juga bergerak dalam bidang bisnis online lain seperti agen perjalanan dan jasa keuangan.
Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi:
Rakuten:
Hubungan Masyarakan
Rakuten, Inc.
Tel: +81-50-5817-1104
E-mail: pr@rakuten.co.jp
Global Mediacom:
SVP, Group Head Investor Relations
PT Global Mediacom Tbk.
Mr.Robert SatryaTel: +62 21 392 2000 or +62 81 692 5598
E-mail: robert.satrya@mediacom.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar